BIMTEK KEUANGAN

Bimtek Keuangan

Kepada Yth,

  • Gubernur, Bupati, Walikota Se-Indonesia
  • Sektetariat DPRD, Sekretariat Daerah Se-Indonesia
  • Kepala Dinas, Kantor, Badan Se-Indonesia
  • Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah ( OPD ) Se-Indonesia
  • Cq. Kabag/Kasubbag, Kabid/Kasubbid Keuangan, Bendahara dan Lainnya. 

Di – T empat

Dengan Hormat,

Pusat Diklat Keuangan dan Pemerintahan Dalam Negeri (PDK-PDN), menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) atau Pendidikan dan Pelatihan (Diklat), Workshop di beberapa Kota besar di seluruh Indonesia, Beberapa Materi Bimtek ataupun Diklat Keuangan dapat dipilih oleh para calon peserta, sbb :

  1. Peran APIP Dalam Akuntabilitas Keuangan melalui Reviu dan Implementasi SPIP;
  2. Sosialisasi Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 35 Tahun 2018 tentang Kebijakan Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2019;
  3. Mendagri Sebut Dana Kelurahan Diatur dalam Undang-Undang Pemda;
  4. Peran Inspektorat Awasi Pengaduan pada Organisasi Perangkat Daerah ( OPD );
  5. Sosialisasi Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2018 Tentang Bantuan Keuangan Kepada Partai Politik;
  6. Mekanisme dan Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD sesuai dengan Permendagri Nomor 13 Tahun 2018 Perubahan Ketiga dari Permendagri Nomor 32 Tahun 2011;
  7. Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 69/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya Keluaran Tahun Anggaran 2019;
  8. Sosialisasi Peraturan Menteri Keuangan Nomor 32/PMK.02/2018 tentang Standar Biaya Masukan Tahun Anggaran 2019;
  9. Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Daerah;
  10. Pengelolaan Keuangan Daerah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005, Permendagri Nomor 13 Tahun 2006, Permendagri Nomor 59 Tahun 2007 dan Permendagri Nomor 21 Tahun 2011;

BIMTEK KEUANGAN

  1. Bimtek Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah dan Aset Daerah Berbasis Aplikasi E.SIPKD, E.REPORTING dan E.SIAP/BMD;
  2. Penerapan Program Aplikasi Simda Keuangan Versi 2,7 berbasis Akrual dilingkungan Pemerintah Daerah dan Perangkat Daerah (OPD);
  3. Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 79 Tahun 2018;
  4. Implementasi PerMENPAN RB Nomor 53 Tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Tata Cara Reviu atas Laporan Kinerja Instansi Pemerintah;
  5. Teknik Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah berdasarkan PerMENPAN RB Nomor 53 Tahun 2014;
  6. Implementasi Transakasi Non Tunai dalam Peningkatan Akuntabilitas dan Transparansi Pengelolaan Keuangan Daerah;
  7. Verifikasi Dan Rekonsiliasi Laporan Pertanggungjawaban Bendahara Organisasi Perangkat Daerah (OPD);
  8. Meknisme Penyusunan Laporan Keuangan (Wajar Tanpa Pengecualian) serta Pengelolaan Kas OPD sesuai Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 dan PP Nomor 71 Tahun 2010;
  9. Aspek Akuntansi dalam Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa;
  10. Bantuan Keuangan kepada Partai Politik berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 2018;
  11. Implementasi Perpres Nomor 10 Tahun 2015 tentang Dana Alokasi Umum Daerah Provinsi/ Kabupaten/Kota Tahun Anggaran 2015 dan Mekanisme Pengalokasian Anggaran Transfer ke Daerah sesuai dengan PMK Nomor 165 Tahun 2014;
  12. Tata Cara Perencanaan, Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Perjalanan Dinas Berdasarkan Permendagri Nomor 16 Tahun 2013;
  13. Tata Cara Pengadaan Pinjaman Luar Negeri & Penerimaan Hibah sesuai PP Nomor 10 THN 2011 Serta Mekanisme Pengelolaan Hibah sesuai PMK Nomor 191/PMK.05/2011;
  14. Strategi Sistem Penyusunan Neraca Awal dan Akhir Pemerintah Daerah;
  15. Perencanaan, Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Bendahara Instansi Pemerintah Daerah Sesuai Permendagri Nomor 21 Tahun 2011 dan Permendagri Nomor 55 Tahun 2008;

Materi Bimbingan Teknis Keuangan

  1. Bimtek Tata Cara Revisi Anggaran Tahun Anggaran 2018 sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 108/PMK.02/2018 perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 11/PMK.02/2018;
  2. Pedoman Umum Penyusunan APBD TA 2019 serta Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD;
  3. Sistem Administrasi Keuangan Dan Perencanaan Bagi Pengguna Anggaran (PA), PPTK, PPK Dan Bendahara;
  4. Standar Audit Kinerja Tenaga Pemeriksa Dan Aparatur Pengawasan;
  5. Evaluasi Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);
  6. Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah Dan Proses Akuntansi Bagi Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) Dan Bendaharawan OPD;
  7. Bimtek Tata Cara Penyusunan RKA dan DPA Instansi Pemerintah;
  8. Perencanaan, Pengelolaan Dan Pertanggungjawaban Bendahara Instansi Pemerintah Daerah;
  9. Strategi Penyusunan Laporan Keuangan Instansi Pemerintah sebagai wujud untuk mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK;
  10. Implementasi Permendagri Nomor 64 Tahun 2013 Tentang Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan Berbasis Akrual pada Pemda;
  11. Bimtek Sistem Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja;
  12. Peningkatan Kinerja Aparatur Pengelola Keuangan Daerah dalam rangka Mewujudkan Laporan Keuangan yang Berkualitas guna memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP);
  13. Bimtek Reviu Laporan Keuangan Daerah Sesuai Dengan Permendagri Nomor 4 Tahun 2008;
  14. Bimtek Standarisasi Pemeriksaan Keuangan Negara (SPKN);
  15. Implementasi Permenkeu Nomor 57 Tahun 2015 Perubahan Atas Permenkeu Nomor 53 Tahun 2014 dan Pengaruhnya terhadap Pelaksanaan Perjalanan Dinas Daerah;

Materi Bimbingan Teknis Keuangan

  1. Sistem dan Prosedur Kerja Bendahara Penerimaan dan Bendahara Pengeluaran;
  2. Penajaman Penyusunan LAKIP, RENSTRA, RKA, DPA, Anggaran Kas serta Penetapan KUA-PPAS dan Sistem dan Prosedur Kerja Bendahara;
  3. Pedoman Penyusunan Dan Pengendalian Renja OPD dan RKPD;
  4. Strategi Penyusunan Laporan Keuangan Instansi Pemerintah Sebagai Wujud Untuk mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK;
  5. Penyusunan Anggaran, Penatausahaan Keuangan dan Perbendaharaan Keuangan Daerah Berdasarkan Permendagri 52/2015, Permendagri 55/2008 dan Permendagri 21/2011;
  6. Penatausahaan Keuangan Daerah dan Penyusunan Laporan Pertanggungjawaban PA, PPK, PPTK dan Bendahara.
  7. Mekanisme Penatausahaan Pertanggungjawaban APBD Bagi Bebdahara OPD Serta Prosedur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Di Lingkungan Pemda Berdasarkan Permendagri 55/2008, 21/2011, PP 71/2010 dan Permendagri 64/2014.
  8. Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK ( TLRHP BPK ).
  9. Teknis dan Prosedur Akuntansi Penerimaan & Pengeluaran serta Mekanisme Pelaporan Pertanggungjawaban Keuangan OPD Meuju Opini WTP sesuai PP 71/2010 & Permendagri 21/2011.
  10. Bimtek Kesiapan Pemda Menghadapi Audit Atas Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban APBD.
  11. Manajemen Keuangan Puskemas Bagi Staf Puskesmas Provinsi, Kabupaten dan Kota;
  12. Pengelolaan Keuangan Badan layanan Umum (BLU) dan Badan layanan Umum Daerah (BLUD).

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme pejabat pemerintah daerah, maka Pusat Diklat Keuangan dan Pemerintahan Dalam Negeri (PDK-PDN), menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis atau Bimbingan Teknis Keuangan dengan Narasumber yang berpengalaman dan ahli di bidangnya, dari Badan Koordiansi Penanaman Modal, Badan Kepegawaian Negara, Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Lembaga Administrasi Negara, Kementerian Keuangan, BAPPENAS, BPK RI, BPKP Pusat, Kementerian Dalam Negeri dan IPDN serta dari UNIVERSITAS.

Kami juga menerima Reguest atau Permintaan Materi Bimtek, Jadwal/Tanggal maupun Tempat Penyelenggaraan Bimtek sesuai keingingan para peserta bimtek.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk acara bimbingan teknis, pendidikan dan pelatihan maupun sosialisasi program serta undang-undang pemerintah di Bidang Keuangan.

Atas perhatiannya PDK-PDN mengucapkan terimakasih.

BIMTEK NASIONAL

Jadwal Bimtek Nasional 2019

OKTOBER NOVEMBER DESEMBER
Kamis - Jum'at Jum'at - Sabtu Selasa - Rabu
03 – 04  Sep  2019 01 - 02  Nov  2019 03 - 04  Des 2019
Jumat - Sabtu Selasa - Rabu Jum'at - Sabtu
04 – 05  Okt  2019 05 – 06  Nov  2019 07 – 07  Des 2019
Selasa - Rabu Kamis - Jum'at Selasa - Rabu
08 – 09  Okt  2019 07 – 08  Nov 2019 10 – 11 Des 2019
Jumat - Sabtu Selasa - Rabu Jum'at - Sabtu
11 – 12  Okt  2019 12 – 13  Nov 2019 13 – 14  Des 2019
Selasa - Rabu Jum'at - Sabtu Selasa - Rabu
15 – 16  Okt  2019 15 – 16  Nov 2019 17 – 18  Des 2019
Jumat - Sabtu Selasa - Rabu Jum'at - Sabtu
18 – 19  Okt  2019 19 – 20  Nov 2019 20 – 21  Des 2019
Selasa - Rabu Jum'at - Sabtu Selasa - Rabu
22 – 23  Okt  2019 22 – 23  Nov 2019 24 – 25  Des 2019
Jumat - Sabtu Selasa - Rabu Jum'at - Sabtu
25 – 26  Okt  2019 26 – 27  Nov 2019 27 – 28  Des 2019
Selasa - Rabu Jum'at - Sabtu
29 – 30  Okt  2019 29 – 30  Nov 2019
N0  HOTEL KOTA
1 OASIS AMIR JAKARTA
2 IBIS TRANS STUDIO BANDUNG
3 EDEN KUTA BALI
4 ABADI JOGJA YOGYAKARTA
5 NAGOYA PLASA BATAM
6 GOLDEN PALACE LOMBOK
7 IBIS CITY CENTER MAKASSAR
8 TUNJUNGAN PLAZA SURABAYA
9 ARIA GAJAYANA MALANG

 

Informasi :

Konfirmasi /Pendaftaran dapat menghubungi Contact Person, 3 hari sebelum pelaksanaan pelatihan
Biaya Kontribusi untuk satu pelaksanaan Pelatihan sebesar Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
Biaya yang tercantum sudah termasuk : penginapan selama 4 hari 3 malam, modul, tas, materi/makalah, FD materi, sertifikat dan konsumsi/coffee break selama pelatihan berlangsung

Kami melayani permintaan kegiatan di luar daerah dengan waktu/tempat dan materi yang disesuaikan berdasarkan permintaan (minimal 7 orang peserta).

pusatbimtekpemda.id

Bimtek KeuanganBimtek Keuangan DaerahBimtek Swakelola Pengadaan Barang Jasa Pemerintah